Catatan Harian Mas Andri

Silahkan digunakan dengan bijaksana

back

7 Cara Menggali Ide Brilian untuk Bisnis

18 April 2016 || 22:57:54 WIB || ClassyID

Pernahkah juragan BL merasa kalau pikiran mendadak stuck, lelah, dan tidak bis aberfikir dengan kondisi jernih lagi? Saya sendiri sering banget mengalami hal yang demikian. Disaat kita sedang dituntut untuk tetap kreatif melakukan penjualan, namun ketika pikiran sedang lelah dan tidak bereaksi secara normal yang terjadi hanya hasil yang akan didapatkan kurang jadi maksimal. Nah, dibawah ini ada 7 cara bagaimana sih agar pikiran kita bisa tetap fresh untuk mendapatkan ide-ide brilian dalam kaitannya sebuah bisnis?

1. Sering melakukan observasi

Ide cemerlang tak akan datang dengan berdiam diri. Anda harus melatih otak untuk berpikir secara kreatif.

Buat jadwal khusus untuk menstimulasi otak Anda untuk berpikir dengan cara yang berbeda. Anda bisa mengamati orang yang tengah berlalu lalang, sikapnya atau kecenderungan yang muncul. Melihatnya akan menghadirkan perspektif dan cara berpikir baru. Hal tersebut bisa memancing berbagai ide baru untuk berbisnis.

2. Banyak bergaul

Jalan-jalan dengan teman atau rekan kerja bisa membuat pola pikir Anda berbeda. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk menambah teman bicara.

Orang-orang baru tak mengenali Anda secara mendalam. Anda pun harus berpikir kembali untuk menceritakannya secara singkat dan jelas. Kegiatan sederhana ini bisa memancing dan melatih Anda berpikir rinci. Tentu saja, kebiasaan ini dapat melahirkan berbagai gagasan bisnis yang kreatif.

3. Sering membaca buku

Bukan hal yang asing lagi, buku merupakan cara hebat untuk menciptakan berbagai pikiran baru dan menstimulasi munculnya sejumlah inovasi.

Membaca buku bisnis atau kisah pengusaha sukses dapat mengaktifkan kemampuan kreatifitas Anda dengan lebih baik. Berbagai pikiran kreatif akan mucul sebagai gagasan bisnis yang cemerlang.

4. Rajin mengeksplorasi situs internet

Google memang terkenal memberikan berbagai informasi pada sebagian besar pengguna internet di dunia. Namun jika Anda ingin mendapat gagasan bisnis tak terduga, Anda bisa berpetualang di dunia internet. Dengan begitu, banyak hal dapat ditemukan untuk menstimulasi lahirnya berbagai ide brilian.

5. Membuat catatan harian

Merekam isi pikiran, perasaan dan pengalaman hidup, paling baik dilakukan dengan mencatat. Kebiasaan menulis seperti ini juga merupakan cara hebat untuk memancing berbagai ide brilian. Jika Anda belum memilikinya, belum terlambat untuk memulainya saat ini.

6. Meditasi

Mendapatkan ide cemerlang saat pikiran sedang kacau tentu sangat sulit. Anda butuh waktu untuk sendiri. Meditasi sejenak bisa membantu Anda menjernihkan pikiran dari bisnis dan tekanan harian yang Anda terima.

Dengan bermeditasi Anda bisa menyelesaikan berbagai persoalan dengan lebih tenang. Dua jam setiap minggu bisa membuat berbagai ide hebat mengalir di pikiran Anda.

7. Olahraga teratur

Kreativitas lahir dari berbagai kegiatan terstruktur. Olahraga ringan dapat membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi. Dengan lebih fokus, Anda bisa menghasilkan ide-ide cemerlang.

Sepertinya jika dilihat dan dibaca ketujuh cara diatas mudah-mudah saja untuk dilakukan, namun terkadang tidak menjadi jaminan kalau akan terus dilakukan. grin

 

 

sumber :

https://komunitas.bukalapak.com/s/y4wmoh/7_cara_menggali_ide_brilian_untuk_bisnis