Blog Andri Wiratmono

Pagut Asri Blok D No.2 - Kelurahan Blabak - Pesantren Kota Kediri

back

Materi Ngolah Inspirasi, 11 April 2018 Jago Jualan di Market Place

18 April 2018 || 06:15:09 WIB || ClassyID

Assalamu'alaikum wr.wb
Selamat malam teman-teman TDA Kediri,

Nama saya Andri Wiratmono, salah satu owner zonahelm Helm Bogo Indonesia, kebetulan saya dapat tugas dari TDA untuk sharing disini.
Bukan bermaksud menggurui, karena saya juga masih belajar, dan saya yakin disini juga ada yang lebih hebat dalam hal marketplace. saya disini akan berbagi cara saya berjualan di marketplace terutama shopee, hingga bisa mencapai title shopeemall.

kenapa shopee ??

saat ini traffik shopee bisa dibilang paling tinggi di bandingkan marketplace lain. dan di shopee ini, isinya sebagian besar adalah perempuan, 
tahu kan karakteristik perempuan, senang belanja, seneng diskonan, kalo belanja bisa kalap. 
Kolam ikan banget kalo kebetulan target pasar temen2 adalah perempuan, nyemplung di shopee, target konsumennya melimpah.

Buatlah akun lebih dari satu, ini nanti berguna untuk pembanding dari akun yg lain, misal kita buat 4 akun, dari 4 ini pasti ada yg traffiknya lebih tinggi. itu yang bisa kita optimalkan. di shopee itu tetap ada istilah bejo bejan. itu nanti masuknya dibagian terakhir ini. 

Akun sudah jadi,
Selanjutnya aktivasi promo ongkir, 
Pada tahu ya tagline nya shopee? di shope pepepe.. gratis ongkir kir kir kir kir
disitu daya tarik terbesar Shopee, ya di Promo Ongkir, jadi kalo nggak di aktivasi ya mubadzir.  
cara aktivasinya cukup pake foto ktp. aturannya 1 KTP = 1 Akun shopee, 


Ketiga Upload Produk dan Deskripsi
dalam membuat foto produk, diusahakan latar belakang (backgroundnya berwarna putih, biar enak dipandang),
kalo gak putih gimana? tetap boleh, tapi usahakan seragam, 
kalo dari pengalaman di zonahelm, pihak shopee nya minta background nya warna putih 

Selanjutnya di Deskripsi produk 
deskripsi produk usahakan lengkap, ini nanti berguna utk mengurangi pertanyaan yang tidak perlu yang akibatnya memperlama proses closing. 
menurut pengalaman saya, semakin banyak chat semakin kecil kesempatan closingnya. apalagi kalo cs kita jawabnya berjam-jam kemudian, udah pindah ke toko sebelah dia
Jadi kalo bisa sih, gak usah chat, cukup baca deskripsi, sudah jelas, langsung order aja

Membuat Diskon & Voucher
Fitur diskon dan voucher ini sudah terdapat di seller center shopee, 
nah, apa sih perbedaan diskon dan voucher ini ??

Diskon bisa di setting di tiap produknya
misalkan Produk Anda di markup dulu nih, harusnya harga 100 ribu, di atur jadi harga 200ribu, kemudian atur diskon 50%, jatuhnya harga sama, tapi pembeli jadi lebih tertarik.
Kalau Voucher beda lagi, voucher ini berupa potongan belanja, tapi ber syarat
Contoh Voucher : Dengan Pembelian 200ribu akan mendapatkan potongan 10rb jika memasukkan kode voucher HelmBogo

 

Itu tadi sekilas tentang pembuatan Akun Shopee, sebelum lanjut ke materi Inti nya

Oke saya lanjut ke materi Inti ya, materi yang akan saya bagikan ini berdasarkan pengalaman dari Zona Helm selama menjadi Shopeemall. Jadi kami tiap minggu pasti dapat laporan penilaian kinerja dari tim shopee nya.
Ternyata di shopee ada 7 Hal Penting yang harus di perhatikan oleh seller pilihan , misalkan shopeemall atau starseller.
Jika Temen-temen berencana pengen menjadi seller pilihannya shopee, bisa mulai di perhatikan hal-hal berikut ini dari sekarang

Apa itu Assortment?
   Kalau di Shopee, Assortment maksudnya adalah jumlah Variasi SKU produk.
   semakin banyak variasi, semakin tinggi nilainya. Jadi intinya, Rajin upload produk baru, biar nilai Assortment nya tinggi. tapi jangan sampai upload duplikat produk ya, ntar keblokir produknya

Selanjutnya adalah STOK
   Ternyata, jumlah stok di shopee itu penting sekali. Shopee sebelum nawarin buat ikut flashsale pasti lihat dulu jumlah stok produk kita.
   karena itu, usahakan stok dibuat buanyak sekali
   misalkan kenyataan produk ready hanya 10 pcs, upload aja 100pcs
   Trus nanti misal stoknya habis gimana mas? ya kulakan lagi dong.. masak tahu produk laris gak di kulak lagi
   Tapi misal terpaksa gak bisa kulakan lagi, gampang aja, nol kan lagi stok nya kan beres.   
   Misal nih ada ada 300 produk, stok temen2 di set 1000 per produk , total stok toko shopee temen-temen sudah 300.000 , gampang di lirik sama team nya shopee buat ikut campaign 

Poin yang ketiga Traffic
   Bisa dilihat dari jumlah pengunjung ke toko kita, gimana cara mengetahui jumlah pengunjung ?? tiap produk diklik ada gambar mata jumlah view, semakin banyak, semakin bagus. Cara menaikkan trafik dng cara : Share link produk ke media sosial, Follow Unfollow seperti di instagram, bagaimana mefollow yg tertarget ? dng mengikuti semua follower toko barang sejenis. Iklan itu ada yg gratis dan berbayar, yg gratis menaikkan produk tiap 4 jam dan yg berbayar per klik, berapa budged per klik, budged harian, bisa disetting hastag (keyword)
   

4. Exposure
   Apa yang sudah dilakukan shopee untuk toko kita agar toko kita banyak di lihat calon pembeli
   bisa dari Flash sale, Campaign, Banner
   cara meningkatkan exposure ini tidak bisa dari kita sendiri, tapi pihak shopee yang mengundang. Nah, yang bisa kita lakukan ya naikin Traffic, biar di lirik team nya shopee. JAdi sebenernya traffic dan exposure ini saling berhubungan. Traffic tinggi bisa mendatangkan Exposure, sebaliknya, dengan Exposure maka Traffic akan menggila

5. Shop Perfomance
   Ini temen -temen yang sudah punya akun shopee pasti sudah tau ya, tiap hari rabu pasti dikirim laporan Mingguan Tokomu di notifikasi
   isinya total order, total views produk, total produk, Review dan lain-lain.
   Usahakan aja semua di atas target

6. Fullfilment
   Pemenuhan Barang 
   Rasio barang yang dicancel karena stok habis
   Rasio barang telat dikirim
   Misal ada orderan 100, dibatalkan 10 karena stok habis, ini tingkat pembatalan sudah 10%
   Kalau di shopeemall batas telat kirim 15%, kalo lewat dari itu, bisa dicabut status kita. Makanya, buat temen-temen yang mentargetkan pengen jadi seller pilihan, usahakan jangan sampai Cancel produk, dan jangan sampai telat kirim.

7. Price Competitivenes atau bahasa jowonya Jur jur an rego
   Persaingan Harga. sebenarnya bukan bener-bener harus jor jor an rego ya. soalnya penilaian ini di dapat dari jumlah produk terlabel TERMURAH
   Misal kita gak mau banting-banting harga, pakai saja produk yang unik atau yang persaingannya jarang, bisa pake trik bundle, misal beli gamis gratis pisau, atau banting harga untuk stok lama, trus ajukan jadi produk TERMURAH ke cs shopee. semakin banyak produk yang dapat LABEL TERMURAH ini, maka penilaiannya semakin tinggi

Itulah 7 Inti di shopee dan ini Rahasia Shopee Mall & Starseller

Materi dalam format pdf dapat didownload melalui lampiran berita ini


File Lampiran :