Catatan Harian Mas Andri

Silahkan digunakan dengan bijaksana

back

Perut Datar dan Kuat

19 April 2016 || 05:02:04 WIB || ClassyID

Anda ingin memiliki perut datar dan kuat, serta punggung yang sehat. Ada rahasianya. Yakni latihan yang disebut crunch. Tak perlu latihan berat, malahan amat sederhana. Selain menghasilkan perut datar, latihan ini juga memberikan manfaat kesehatan. Anda bisa melenyapkan problem nyeri punggung.

Otot abdomen bisa menjadi kuat dengan latihan berat. Namun ada cara sederhana untuk membuatnya meregang. Berikut tips untuk menjadikan perut lebih tips, yang disarikan dari buku The Male Body karya K Winston Caine, Perry Grafinkel, dan editor dari Men’s Health Books:

Pertama, cobalah berbaring telentang dengan kaki lurus dan lengan lurus mulai dari ujung kepala hingga ujung jari kaki. Perlahan, julurkan lengan dan tungkai sejauh mungkin dari tubuh. Tahan peregangan selama lima detik, kemudian lepaskan secara perlahan.

Kedua, dalam posisi terbaring teletang, letakkan ujung jari di belakang telingga Anda. Kemudian bengkokkan tungkai dengan lutut saling menempel satu sama lain. Kaki menapak ke lantai dengan jarak sekitar enam inci dari bokong. Posisi lutut membengkok sekitar 45 derajat.

Dengan tidak menggerakkan tubuh bagian bawah, angkat tubuh bagian atas mendekati lutut sampai tulang belikat lepas dari lantai. Angkat bahu (bukan punggung) dan rasakan perut berkontraksi. Tahan posisi itu selama satu detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi beberapa kali tanpa istirahat.

Ketiga, ambil posisi seperti tadi dengan kaki menapak datar di lantai dan lutut membengkok. Renggangkan kaki selebar panggul dan letakkan jari di belakang telinga. Angkat tubuh bagian atas dengan menaikkan bahu dan tulang belikat ke atas, lantas putar tubuh Anda ke lutut kiri. Tahan kontraksi selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini, tapi ke arah lutut kanan. Ulangi beberapa kali tanpa istrihat.

Keempat, Anda kembali ke posisi teletang dengan lutut membengkok. Letakkan ujung jati di belakang telinga. Secara perlahan, turunkan tungkai ke sisi kanan hingga posisi tubuh bagian atas di lantai dan tubuh bagian bawah berbaring menyamping.


Pertahankan bahu sejajar dengan lantai, lantas angkat tubuh bagian atas sampai tulang belikat terangkat terangkat dari lantai. Tahan gerakan selama satu detik, lalu kembali ke posisi awal.

Kembali lakukan pengulangan tanpa beristirahat. Berusahalah untuk mempertahankan perut tetap tegang. Setelah selesai dengan latihan di sisi kanan, ganti gerakan ke sisi kiri.

Nah silakan berlatih. Tapi maaf, latihan ini tak bertujuan untuk mengenyahkan perut yang menggelambir. Untuk membakar lemak seperti itu, Anda disarankan berenang atau joging.