Catatan Harian Mas Andri

Silahkan digunakan dengan bijaksana

back

VIRUS CORONA BUKAN VIRUS DENGUE

05 Maret 2020 || 07:11:14 WIB || ClassyID

Ini penjelasan keren banget dan ilmiah berkaitan dgn virus corona.

Tolong diviralkan supaya semakin banyak org Indonesia memahami.
Teman2 silakan baca benar2 tulisan menarik di bawah ini dari Dr. Handrawan Nadesul (dokter senior yg banyak membuat tulisan kesehatan populer di media massa):

Dr.Handrawan Nadesul:

VIRUS CORONA BUKAN VIRUS DENGUE. 

Jenis virus itu ratusan, bahkan ribuan. Masing-masing jenis virus punya tabiatnya sendiri. Berbeda jenisnya berbeda pula cara penularannya. Berbeda pula pintu masuknya ke dalam tubuh. Ada yang mengalami siklus kehidupannya di inang lain sebelum menularkan ke manusia, misal virus dengue pada DB, ada yang ditelan lewat pencernaan virus polio, ada yang lewat udara (air borne) virus polio, cacar, ada juga yang lewat hubungan seks virus HIV. 

Virus corona menular lewat percikan ludah (droplet infection). Artinya virus keluar dari tubuh penderita (saluran napas) lewat percikan ludah sewaktu batuk, bersin dan bercakap-cakap. Ini serupa dengan penularan basil TBC, yang juga lewat pucratan liur dari mulut dan hidung penderita. 

Jarak tularnya tentu berbeda dengan penularan virus yang beterbangan jauh di udara (air borne), virus corona tak lebih dari 2 meter mulut pengidapnya jauh tularnya. Jadi itu berarti kita baru tertular virus corona apabila berada sejauhnya 2 meter dari pengidap corona. Itu pun kalau dia batuk, bersin atau kita bercaka-cakap sejarak itu. 

Beberapa jam setelah virus keluar dari mulut dan hidung pengidap, virus akan mati.  Mereka yang berada jauh dari pengidap corona, kendati pengidapnya batuk, bersin, virusnya tidak menjangkau mereka.

Percikan ludah dan liur dari pengidap akan melekat di dekat pengidap batuk dan bersin, mungkin di lantai, di kursi tempat pengidap duduk, dan semua peralatan dan benda di sekitar pengidap. Itu alasan mengapa jemari kita selama berada di tempat publik sebaiknya tidak memegang wajah.

Mengapa wajah? Oleh karena hidung dan mata dan mulut berada di wajah. Bila jemari yang sudah tercemar virus corona yang kita tidak tahu entah dari mana tercemar di tempat publik, lalu menyentuh wajah, virus akan menjalar dengan mudah ke hidung, mata, atau mulut. 

Termasuk di dalam kabin pesawat. Kita tidak tahu apakah dalam pesawat sedang ada pengidap virus corona. Dalam masa inkubasi atau masa tunas, pengidap virus belum memperlihatkan gejala, namun di saluran pernapasannya sudah ada virus corona yang setiap saat siap tersemprotkan lewat batuk dan bersin, atau bercakap-cakap.

Virus yang melekat pada benda atau peralatan di sekitar pengidap akan segera mati juga dalam hitungan jam. Virus bertahan lebih lama, mungkin 3-4 jam bila berada di lendir, liur, atau cairan, dan bukan di benda mati. 

Lalu apa artinya ini? Hanya apabila jemari kita menyentuh semua barang yang berada di sekitar pengidap dan virusnya belum mati saja, dan kita menyentuh wajah, memasukkan jari ke hidung mengucek mata, maka kita baru akan tertular.

Lalu bagaimana orang-orang yang berada jauh dari pengidap virus? Barang tentu tidak mungkin tertular. Jangankan orang yang berada sekota, setetangga dengan pengidap corona saja pun atau ada yang positif mengidap virus corona, kecil kemungkinan tertular. Kasus positif corona sudah pasti tidak berkeliaran, atau hanya mungkin berkeliaran kalau lolos dari deteksi, atau tidak mau berobat walau flu dan sesak napas. Tapi ini kecil kemungkinan. 

Jadi, yang dalam tubuhnya membawa virus corona, adalah mereka yang mengidap tapi belum kelihatan sakit. Kita tahu secara epidemiologis, di antara satu pengidap virus ada lebih 10 orang yang berpotensi tertular. Lalu dari yang sepuluh sudah tertular masing-masing menulari lagi 10 lainnya menjadi 100 yang tertular. 

Jahatnya virus corona adalah karena daya tularnya yang tinggi dibanding sekerabat corona lainnya. Namun untungnya, angka kematian corona virus tetap hanya 2 persen saja dibanding SARS yang bisa 15 persen.

Jadi sesungguhnya terhadap corona lebih penting upaya pencegahan bagi masyarakat. Berjaga-jaga barangkali ada pengidap virus berkeliaran di tempat publik. Dan itu tidak banyak. Lebih penting tidak ke tempat publik kalau tidak perlu. Pakai masker hanya kalau ke tempat publik di wilayah yang sudah ada kasusnya. Kalau dilaporkan sudah ada 2 kasus positif di Depok, artinya wilayah itu yang kemungkinan sudah ada penularan ke sejumlah orang, seturut perhitungan epidemiologis, dibanding wilayah lain yang belum ada kasus. 

Perlu ditelusuri pula, ke mana saja tamu Jepang penular 2 kasus itu alibi jejaknya, selain 2 kasus ini juga sudah singgah ke mana dan berada di mana setelah bertemu tamu Jepang yang sakit itu. Ditelusuri pula di RS Depok tempat 2 kasus pernah berobat sudah bertemu dengan siapa saja, suster dan dokter siapa, berada di ruangan mana. Itu semua untuk melakukan surveilans supaya jejak-jejak pengidap bisa dibersihkan.

Ihwal memakai masker sendiri, sesungguhnya hanya bagi yang sedang demam, flu, batuk pilek saja yang perlu atau kita yang berada di dekat wilayah yang sudah ada kasusnya. Tetangga 2 kasus itu pun sebetulnya belum tentu berisiko tertular karena virusnya sudah tidak ada, apalagi keduanya sudah masuk RS Soelianti Soeroso. 

Masyarakat perlu dikendurkan rasa takut apalagi kepanikannya. Hari ini supermarket diserbu, masker diserbu, sungguh sangat tidak masuk akal sehat medis.

Karena kurang memahami bagaimana virus menular, banyak sikap tingkah laku dan ulah seperti bukan orang medis. Termasuk otoritas Depok yang melakukan fogging seolah virus corona dianggap sama dengan DB dengue )meminjam foto Kang Erry Amanda). Fogging kan untuk nyamuk, bukan untuk virus. Kedua virus manapun tidak mati dengan fogging, melainkan dengan kekebalan tubuh, atau dengan obat antivirus kalau sudah tersedia.

Anjuran konsumsi jahe dan kunir dan ramuan juga viral sekarang, sehingga menjadi bias, serong seolah obat corona bisa dilawan dengan jahe dan kunir dan sejenisnya. Tidak mungkin, karena tidak masuk akal medis. Bahwa jahe dan kunir (baca curcumin) mampu meningkatkan dayatahan tubuh memang betul. Cara kita menyikapi musim corona hanya dapat dengan cara melakukan peningkatan kekebalan tubuh sebagai upaya pencegahan, namun bukan untuk pengobatan. 

Hampir pasti corona tidak bisa dilawan dengan jahe dan kunir, hanya karena zat berkhasiat dalam jahe dan kunir membuat tubuh lebih kebal sehingga tidak mudah tertular saja. Juga tidak masuk akal orang di luar Depok tempat domisili 2 kasus positif bermukim semua bisa tertular. Bahkan tetangganya pun tidak perlu bermasker. 

Lucu kalau semua orang Indonesia di semua kota latah memakai masker sehingga harganya puluhan lipat, bahkan ketika sedang di dalam rumah sendiri pun tetap memakai masker sungguh tidak nalar.   
                                    
Salam sehat. 
Dr HANDRAWAN NADESUL

 

====

 

Copas dari coretan dr. Priska Tolala - KKP Manado di akun FB nya

Menarik hingga saya bagi buat teman2 sejawat disini....

Ah, si Corona.. lagi jadi pusat perhatian... Seandainya semua penyakit menjadi perhatian kita semua... Lega hati kami para Dokter...

Saya infokan...
Tahukah anda bahwa salah satu hari terburuk dalam epidemi Covid 2019 adalah tanggal 10 Februari 2020 dimana ada 108 nyawa harus hilang di Tiongkok.

Akan tetapi PADA HARI YANG SAMA juga di seluruh dunia, 
Ada 26.283 orang meninggal karena kanker
24.641 orang meninggal karena penyakit Jantung.
4.300 meninggal karena Diabetes Melitus.
Dan pada hari yang sama juga ada kurang lebih 3.000 orang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena masalah kejiwaannya.
Selebihnya nyamuk pembawa penyakit membunuh 2.740 orang per harinya. MANUSIA membunuh sesama manusia 1.300 orang per harinya....

Hmmmmmmm...
Jangan panik... Tetap tenang dan jangan termakan isu atau pemberitaan yang salah...
Tetap jaga kesehatan dan daya tahan tubuh... Tetap berolahraga...
Jangan lupa cuci tangan yah...
Pake masker kalo anda sakit batuk pilek..
Kunjungi dokter bila sakit bertambah parah...
Untuk semua teman sejawat dokter, marilah kita memberikan informasi yang tepat dan benar, jangan “membantu” menyebarkan kekacauan...