Catatan Harian Mas Andri

Silahkan digunakan dengan bijaksana

back

Perbedaan ROM Fastboot dan Recovery di MIUI

17 April 2016 || 21:59:37 WIB || ClassyID

Recovery ROM dalam MIUI biasanya berekstensi .zip, berbeda dengan Fastboot ROM yang biasanya datang dengan ekstensi .tgz. Fungsi dari kedua ROM ini sebenarnya sama, yaitu untuk flashing smartphone kalian, khususnya smartphone Xiaomi.
Perbedaan yang kentara adalah cara penggunaannya saja. Recovery biasanya menggunakan MiRecovery untuk proses flashing, sedangkan Fastboot menggunakan bantuan PC dan software MiFlash untuk proses flashingnya.

 

Ini dia perbedaan antara ROM Fastboot dan Recovery :

Cara mengecek versi Android yang digunakan melalui nama filenya :

 

Bisa juga kita ketahui melalui Settings > About Phone :

ROM Recovery bisa kita flashing melalui 2 cara, yaitu dengan menggunakan aplikasi Updater atau bisa juga langsung menggunakan MiRecovery atau bisa juga dengan menggunakan custom Recovery seperti TWRP, CWM, Philz atau lainnya.

Proses flashing paling mudah menurut saya adalah menggunakan metode updater ini. Caranya cukup simple, yaitu kita cukup meletakkan file ROM Recovery kita di internal memory (SDCard juga bisa) lalu masuk ke aplikasi Updater atau bisa juga dengan masuk ke Settings > About Phone, System Updates.
Setelah itu pilih aja Choose Update Package lalu arahkan ke file Recovery ROM kita. 


 

Proses flashing berikutnya adalah melalui MiRecovery (bisa juga pakai TWRP, CWM, dkk).
Caranya yaitu kita letakkan file ROM Recovery kita di internal memory (SDCard juga bisa) lalu kita rename menjadi update.zip. Lalu masuk ke aplikasi Updater atau bisa juga dengan masuk ke Settings > About Phone, System Updates.
Setelah itu pilih aja Reboot to Recovery Mode.
Kalau HH dalam keadaan mati, yang perlu kita lakukan adalah tekan secara bersamaan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan, sampai masuk ke menu dari MiRecovery.
Setelah masuk di recovery, tinggal kita pilih Install update.zip tunggu sampai proses selesai.

Metode lainnya dalam flashing ROM di MIUI adalah menggunakan metode Fastboot. Proses ini hanya bisa dilakukan dengan media PC serta dengan software MiFlash atau Mi PCSuite.
Caranya adalah dalam keadaan mati, tekan secara bersamaan Tombol Volume Down (-) dan Tombol Power sampai muncul menu fastboot, biasanya ada gambar MiBunny yang sedang memperbaiki smartphone.

Sumber : https://rendy37.wordpress.com/2015/10/19/perbedaan-rom-fastboot-dan-recovery-di-miui/