Blog Andri Wiratmono

Pagut Asri Blok D No.2 - Kelurahan Blabak - Pesantren Kota Kediri

back

Artikel Bisnis - Penikmat hasil vs penikmat proses

04 Maret 2018 || 20:40:43 WIB || ClassyID

Good Night

Penikmat hasil vs penikmat proses

Berkali-kali main trail ke Bromo, baru kali inilah bisa bawa motor sampai ke puncak bromo setinggi sekitar 2400m!

Trek menuju ke puncak yg agak sudah dilalui motor ternyata asik juga untuk menguji adrenalin. Begitu sampai di puncak ada perasaan puas luar biasa bisa menyelesaikan trek naik yg mengasyikkan. Dan ternyata begitu turun kembali, ini jauh lebih sulit daripada saat trek naik tadi.

Bagi penikmat hasil tentu saja berada di puncak adalah satu-satunya goal yg harus dicapai. Hanya terasa nikmat saat sudah mencapak titik puncak.

Sebaliknya, bagi penikmat proses, berada di puncak hanyalah salah satu kenikmatan yg bisa dinikmati selain kenikmatan melahap trek naik dan juga trek turun.

Dalam permainan bisnis, para penikmat hasil biasanya lebih mudah putus asa jika hasil yg dicapai tidak sesuai ekspektasi. Sebaliknya bagi penikmat proses, sedang ‘mendaki’ atau ‘menurun’ selalu saja bisa dinikmatinya dg sensasi yg berbeda.

Bisnis naik turun itu biasa. Sedang di atas atau sedang dibawah itu sama nikmatnya koq, asal tau bagaimana cara menikmatinya.

Teringat kata Choirul Tanjung di PW TDA: saat bisnis sukses jangan senang terlalu berlebihan, begitu juga saat bisnis turun jangan sedih berlebihan. Biasa sajalah. Nikmati prosesnya.

(Copas Mas Donny Kris Puriono, Malang Strudle)