Catatan Harian Mas Andri

Silahkan digunakan dengan bijaksana

back

Artikel Bisnis - The Sales Proses

14 Maret 2018 || 22:48:37 WIB || ClassyID

Salah satu hal terpenting dalam pemasaran yaitu pemahaman mengenai bagaimana memasarkan produk atau jasa dengan baik agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

 Karena itulah seorang marketer atau sales harus memahami beberapa prinsip dasar dalam memasarkan produk atau jasa.

 Selain dapat meningkatkan penjualan dan membuat sales memiliki pemikiran untuk menjadi seorang sales yang sukses, pemahaman prinsip dasar tersebut juga bisa membantu sales untuk meningkatkan motivasi dan produktivitas.

Berikut 3 prinsip dasar atau basic principles dalam menjual barang atau jasa

1.   Selling is a process (Menjual adalah proses)

Sales akan memiliki peluang yang besar untuk bisa menjual barang atau jasa dengan lebih baik asalkan ia menjalankan tahapan dalam proses penjualan secara benar.

2.   Selling is a numbers game (Menjual adalah permainan angka)

Dalam hal ini, menjual merupakan suatu aktivitas atau kegiatan yang berlandaskan pada hukum rata-rata. 

Artinya semakin banyak produk atau jasa yang dijual oleh seorang sales maka semakin baik pula hasil yang akan diperoleh.

 Di samping itu, ia akan lebih mudah melakukan pendekatan dengan pelanggan sehingga kesempatan untuk mendapatkan referensi dari pelanggan akan lebih besar.

3.   Selling is all about discipline (Menjual adalah masalah disiplin)

Untuk menjadi seorang sales yang sukses maka sangat dianjurkan menerapkan kedisiplinan dan kekonsistenan dalam menjual suatu barang atau jasa. 

Selain itu, terkadang seorang sales tidak menyukai pekerjaan yang dilakukannya. 

Akan tetapi jika ia tetap melakukan apa yang seharusnya ia lakukan secara konsisten dan disiplin, ia akan bisa meraih kesuksesan dengan lebih mudah.

 Oleh karena itu, disiplin dan konsisten dapat menjadi tolak ukur atau pembeda antara seorang sales yang sukses dan seorang sales yang tidak sukses.

Oke mudah-mudahan bermanfaat 

Sumber : Group WA TDA Kediri oleh bapak sigit alias abu mirza